Search here and hit enter....

Persiapan Sebelum Melakukan Perjalanan Ke Luar Negeri

advertise here
Liburan adalah suatu hal yang di mana dapat membuat kita lebih terbuka dengan alam dan tempat yang belum pernah dikunjungi. Dengan melakukan perjalanan liburan ke luar negeri, tentu kita akan sadar apabila ternyata dunia ini sangatlah luas. Walau sama-sama melakukan perjalanan liburan, liburan ke dalam negeri dan liburan ke luar negeri tentulah berbeda. Selain karena perbedaan tujuan yang dikunjungi, persiapan yang dibutuhkan pun berbeda. Ketika akan melalukan perjalanan ke luar negeri, tentu anda perlu mempersiapkan berbagai macam hal. Jika memang anda ingin melakukan perjalanan ke luar negeri, ada beberapa hal penting yang perlu anda persiapan. Beberapa persiapan tersebut akan kita bahas di kesempatan kali ini.

Persiapan Sebelum Melakukan Perjalanan Ke Luar Negeri

Persiapan yang paling pertama yaitu dengan mengurus paspor. Ketika anda ingin melakukan perjalan ke luar negeri, dokumen paspor adalah salah satu hal yang paling penting. Apabila sebelumnya anda sudah memiliki paspor, cek tanggal expired pada paspor yang anda miliki. Paspor adalah syarat utama di mana kamu bisa terbang ke luar negeri, baiknya anda simpan dokumen ini ditempat yang aman dan jaga jangan sampai anda lalai. Persiapan kedua yang perlu dilakukan yaitu dengan mendaftarkan diri anda ke produk travel insurance.

Dengan memiliki travel insurance, maka anda memiliki persiapan apabila terjadi beberapa hal yang tidak diinginkan. Hal ini bukan hanya akan melindungi anda dari kecelakaan, memiliki travel insurance juga menawarkan berbagai fasilitas lain, seperti penggantian kerugian ketika kehilangan barang bawaan atau dokumen penting, keterlambatan jadwal penerbangan, kerusakan bagasi maupun biaya ganti rugi apabila bagasi hilang. Selanjutnya anda juga perlu melakukan vaksinasi. Tujuan dilakukannya vaksinasi yaitu untuk mencegah tubuh anda tertular penyakit berbahaya di negeri orang. Selain itu, anda vaksinasi juga bertujuan untuk meminimalisir terkena infeksi dan menyebarkan virus yang berada di tubuh. Perlu diingat, perbedaan cuaca yang begitu ekstrem dapat memicu timbulnya penyakit.

Tips atau persiapan yang perlu anda lakukan berikutnya yaitu mempersiapkan visa. Usahakan untuk membuat visa 3 bulan sebelum jadwal keberangkatan anda. Di beberapa negara, ada yang sering menolak visa yang anda ajukan. Dengan mempersiapkan dokumen visa 3 bulan sebelum keberangkatan, anda dapat dengan tenang mengurus berkas tersebut kembali apabila visa yang anda buat ditolak. Tips berikutnya yang perlu diperhatikan yaitu mempersiapkan tempat di mana anda akan menginap. Untuk lebih baiknya, cobalah untuk memesan tempat menginap sebelum anda datang ke negara yang akan anda kunjungi. Anda bisa melakukan pemesanan hotel melalui travel agent yang menawarkan banyak promo hotel rumah.

Selanjutnya anda juga perlu mengenal atau mengetahui transportasi yang akan digunakan ketika anda mengunjungi negara yang dituju. Jangan sembarangan untuk memilih transportasi, selain karena anda belum mengetahui rute dari kendaraan tersebut, biaya dari harga transportasi di waktu liburan biasanya sangat mahal.  Persiapkan juga pakaian dan alat komunikasi. Perlu diingat, masing-masing negara memiliki perbedaan kebudayaan dan cuaca.

Apabila anda ingin mengunjungi negara yang memiliki musim dingin, bawalah beberapa pakian yang cukup tebal. Cobalah untuk mencari informasi mengenai kondisi cuaca pada negara yang akan anda kunjungi. Dan untuk persiapan yang terakhir yaitu dengan menukarkan mata uang dalam negeri ke mata uang negara yang akan anda kunjungi. Biasakan untuk menukar mata uang di money changer lokal. Selain karena lebih aman, harga dari penukaran mata uang tersebut akan jauh lebih murah.
Advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()